[Review] Aplikasi Layanan Konsultasi Online Untuk Kesehatan Mental


IBUNDA.ID




Ibunda.id ini merupakan salah satu website konsultasi online berbasis psikologi yang menyediakan layanan curhat. Disini kalian bebas curhat masalah apa aja mulai dari percintaan, pertemanan, permasalahan diri, hingga keluarga. Kebetulan saat itu aku sedang cari-cari layanan konsultasi online, dan pas banget ketemu Ibunda.id. Melihat banyak banget yang curhat di websitenya, akhirnya sedikit membuatku yang awalnya maju mundur, berani buat curhat deh. Btw, kelebihannya disini kita bisa curhat secara anonim, jadi nggak perlu takut dan malu untuk ketahuan. Selain itu, Bunda (panggilan dari pengguna karena nama webnya Ibunda) juga menerima curhatan kita via Line lho. Menurutku respon dari tim Bunda lebih cepat via Line daripada via website. Pernah curhat via website tapi sampai sekarang tidak ada balasan, tapi pas coba lewat Line langsung dibalas. Oiya, ini curhatnya via text ya, jadi emang kudu betah nulis sih. Untuk yg di Line aku kurang tahu apakah Bunda juga bisa via telfon atau video call.

RATING:⭐⭐⭐



HALODOC



Nah, pasti kalian udah banyak yang tau soal aplikasi ini kan. Aku pribadi sih udah beberapa kali mencoba layanan dokter umum sampai ke tahap dibuatin resep obat. Pelayanannya oke punya dan cepet banget. Cocok buat yang lagi sakit ringan tapi nggak bisa cek ke dokter langsung. Apalagi layanan konsul dengan dokternya gratis, bayar untuk obat yang udah diresepin pun bisa pakai Go-Pay. Mantaab dah. Senengnya dari Halodoc ini juga menyediakan Psikolog dan Psikiater. Jangan khawatir bakal keluar duit ratusan ribu deh, kalau cuma konsul disini gratis tis tis. Pengalaman aku konsul dengan salah satu psikolog perempuan, bisa dibilang cukup memuaskan. Cara dia bertanya dan merespon bener-bener sama sekali tidak menghakimi, orangnya ramah dan aku merasa nyaman untuk cerita. Untuk kasusku, psikolog tersebut juga memberikan diagnosis serta menyarankan agar aku melakukan konsultasi tatap muka dengan psikolog terdekat.

RATING:⭐⭐⭐⭐


KALM


Sejujurnya aku baru kenal Kalm saat iseng-iseng mencari aplikasi konsultasi online gratis di internet. Untuk yang belum memiliki akun, kita diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Kelebihan dari aplikasi ini, saat mendaftar kita mendapat pertanyaan yang cukup spesifik terkait kondisi kesehatan psikis kita. Setelah berhasil, data kita akan diproses dalam waktu 1x24 jam untuk selanjutnya mereka akan mencarikan Kalmselor (istilah konselor di aplikasi Kalm) yang sesuai dengan permasalahan psikis kita. Waktu tunggunya bisa dibilang cukup lama sih, namun sesuai dengan layanan yang diberikan. Saat Kalmselor telah tersedia, akan muncul notifikasi berupa profil beserta persyaratan yang yang diajukan. Jika kita menyetujui, kita boleh menerima Kalmselor tersebut, tapi jika kita merasa kurang cocok kita bisa mengajukan ganti Kalmselor. Selama sesi, aku merasa sangat nyaman bercerita dengan beliau. Kalmselornya bener-bener yang membimbing dan beneran bikin enjoy curhat. Respon yang diberikan juga nggak pelit, baliau bener-bener mencoba memberikan respon dan pertanyaan dengan hati-hati sehingga tidak melukai perasaan kita. Sejauh ini, konselor Kalm emang yang terbaik sih. Tapi, lagi-lagi kita dituntut sabar karena respon dari Kalmselornya emang lama banget. Sayangnya, masa trial alias masa gratis pemakaian aplikasi ini hanya 3 hari.
RATING: ⭐⭐⭐⭐

Tidak ada komentar