YUMMY APP, APLIKASI KUMPULAN RESEP MASAKAN


“Eh, uda hari Minggu aja. Harus bikin list menu buat 1 minggu nih biar nggak bingung lagi”

“Besok Ayah ada rapat pagi, masak apa ya enaknya?”

“Di kulkas ternyata cuma ada tempe, dibikin apa ya yang nggak bosenin?”


Ibu-ibu yang lagi baca pasti sering mengalami ini kan? Tenang bund, kamu nggak sendirian. Urusan perdapuran nggak jarang bikin kita harus berpikir keras karena mikirin menu masakan. Apalagi dalam memasak kita dituntut untuk kreatif mengolah bahan makanan yang ada. Tidak jarang kita menemukan kebutuan saat akan menentukan menu yang bukan saja enak tapi juga menyehatkan. Untung aja aku ketemu sama Yummy App, aplikasi kumpulan resep masakan yang paling lengkap.


Kalau jaman nenek dan ibu dulu sih biasanya mereka ngumpulin resep dari tabloid atau majalah. Lalu digunting dan ditempel di kertas alias dibuat kliping. Tapi sekarang, mengingat jaman sudah berubah, hampir semuanya berbasis online. Mau cari apapun sudah bisa lewat internet, ibaratnya seperti melihat dunia dalam genggaman. Hal ini juga berlaku saat kita mencari resep masakan, kue, minuman, ataupun kudapan. Resep apa saja sekarang bisa kita dapatkan dengan mudah.


Karena pengalaman bingung menentukan menu dan berujung cari resep inilah aku menemukan aplikasi yang pas buat aku, namanya Yummy App. Yummy App ini merupakan sebuah aplikasi kumpulan berbagai macam resep makanan dan minuman. Menu yang ada di Yummy App, menurutku sangat mudah dipahami.


APA AJA YANG MENARIK DI YUMMY APP?


Jadi saat baru pertama membuka aplikasi, kita akan diminta sign up jika belum memiliki akun dan sign in jika sudah memiliki akun.



Setelah berhasil sign in, kita akan langsung masuk ke bagian Home aplikasi.


Di bagian Home, kita dapat melihat berbagai macam resep makanan dan minuman yang ada di Yummy App. Dan yang membuat aku tertarik menggunakan aplikasi ini, Yummy mengelompokkan resep-resepnya sesuai kategori. Terdapat beberapa kategori di bagian Home seperti Trending yang isinya kumpulan resep makanan yang paling banyak dilihat atau di save.



Berikutnya untuk yang hobi ikutan lomba dan doyan memasak, di aplikasi Yummy terdapat Event Promosi. Disini kita bisa melihat macam-macam info kompetisi memasak yang diadakan oleh Yummy. Enaknya kita nggak perlu cari-cari info lomba masak lagi deh di internet 😄


Ada juga Akun Official yang berisi kumpulan resep makanan yang dibagikan oleh chef serta brand ternama. Selanjutnya terdapat Jelajah Kuliner Nusantara yang merupakan kumpulan resep makanan Indonesia, Kreasi Makanan ala Korea, Resep Ide Jualan Dijamin Laku, serta Rekomendasi.



Yang menarik di bagian Resep Ide Jualan Dijamin Laku, kita bisa explore banyak resep makanan dan minumannya yang sedang nge-hits saat itu. Contohnya saja baru-baru ini sedang ramai croffle, di Yummy sudah tersedia resepnya. Jadi saat ingin mencoba berjualan makanan, kita tinggal lihat di Yummy deh untuk ide jualannya.




TULIS RESEP BISA DAPAT UANG


Menulis resep, kini semakin dipermudah sama Yummy App. Buat yang punya hobi memasak dan ingin membagi resepnya di Yummy, bisa langsung pilih menu Tulis Resep. Di bagian ini terdapat kolom-kolom yang sudah dikategorikan menjadi Judul Resep, Cerita Resep, Bahan Utama, Cara memasak dan Foto resep.




Kalau seandainya setelah menulis resep tapi belum memasukkan fotonya, kita bisa memilih ‘Simpan Resep’ terlebih dahulu. Setelah dirasa semua kolom telah terisi baru deh kita bisa klik ‘Upload Resep’. 

Awalnya aku kira setiap resep yang telah di submit akan langsung muncul di aplikasi, namun ternyata tidak. Ada proses tahapan yang harus dilewati.


Prosesnya apa aja? 


Untuk ini bisa di cek di bagian menu Akun di bagian pojok kanan bawah. Nanti kita bisa mengecek sudah sampai mana proses pengecekan resep kita. Terdapat Resep Direvisi, Resep Ditinjau, dan Resep Disetujui.



Inilah alasan kenapa aku sangat merekomendasikan Yummy App. Karena konsep aplikasinya sangat dipikirkan matang-matang. Dan yang pasti dengan adanya tahapan proses dalam Tulis Resep, membuat resep-resep di Yummy lebih teruji. 


Asiknya setiap resep yang berhasil dipublish oleh Tim Chef Yummy, kita bakal mendapatkan 100 Yummy point atau setara dengan Rp 10.000,- Hmm, kapan lagi coba nulis resep dan dibayar.


Berikutnya ini nih yang membuat aplikasi Yummy punya poin plus dimataku. Di menu Masak, terdapat list bahan makanan yang telah disusun berdasarkan abjad. Nggak lagi deh yang namanya bingung-bingung mau masak apa. Soalnya di Yummy tinggal klik bahan makanan yang kita punya, muncul deh macam-macam resepnya. Dan kalau ingin mendapatkan variasi resep yang lebih beragam, kita juga bisa klik 2 bahan makanan yang kita punya loh! Fitur Memilih Bahan ini bener-bener memudahkan banget deh 😍



Hal menarik lainnya yang ku temukan saat menggunakan Yummy App ini adalah fitur filternya yang cukup banyak. Jadi contohnya aja aku mencari resep Ayam Goreng, lalu akan muncul beberapa resep. Nah, disinilah peran filter berperan penting. Di Yummy kita bisa setting filter resepnya berdasarkan Jenis Resep, Tipe Resep, Durasi, Porsi dan Budget. 


Enak banget kan kalo bisa ngefilter resep-resep yang muncul sesuai dengan budget yang kita punya. Masak jadi lebih hemat dan pas 😄 


Itu tadi adalah beberapa kelebihan Yummy App yang membuatku nyaman sebagai pengguna. Jujur aja, aplikasi ini menolong banget buat seseorang yang mau belajar masak. Selain karena fitur-fiturnya yang super lengkap, dengan adanya video atau foto ilustrasi di step by step resep, bikin yang nggak pernah masak pun jadi nggak kebingungan. Terlebih di aplikasi juga sudah tersedia estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memasak. Makin sip lah. 


Nggak ada lagi kata-kata "aku nggak bisa masak" karena #MasakItuGampang dengan Yummy App.

10 komentar

  1. Makasi infonya panutanku tanty minam..❤️❤️ lagi pen blajar masak juga.

    BalasHapus
  2. Auto download appsnya biar hemat as anak kos��

    BalasHapus
  3. Langsung download, bisa coba resep baru buat ngisi waktu luang nih

    BalasHapus
  4. Waahhh finally my problem solved after reading this ✅ seneng bangettt akhirnya perdapuran go digital jugaa🥰

    BalasHapus
  5. Penting nih buat panduan ku masak untuk mertua biar mereka nggak bosen. Makasih rekomendasinya mbaa

    BalasHapus
  6. Terimakasih kak rekomendasi appnya, lumayan nih bisa cari resep2 buat anak kos.

    BalasHapus
  7. Yummy app Ini adaaa di hp ku juga. Wajib utk install. Aku paling terbantu Ama features ya yg bisa kasih resep hanya berdasarkan bahan yg kita punya. Kdg kalo udh bingung mau masak apa, pasti deh cari resep baru dr yumy app ini mba :D.

    Bulan lalu , berkat yummy app, aku Jadi dapet resep enak, nikujaga. Dan skr JD fav orang serumah :D

    BalasHapus
  8. Saya juga nih sejak kenal dengan Yummy App jadi terbantu banget dengan urusan masak. Biasanya suka bingung sendiri mau masak apa padahal bahan di kulkas ada cuma ya itu mungkin karena kurang ide masak jadi suka bingung. Nah dengan Yummy App saya gak bingung lagi dong mau masak apa hari ini karena ide masak melimpah, lengkap pula dengan tutorial dan video masaknya yang praktis

    BalasHapus
  9. Wah, kebanyakan hibernasi, jadi baru tahu tentang Yummy app!

    Dari cerita di atas, Yummy so far emang memanjakan banget usernya ya.
    Bagian apresiasi resep itu tuh yang paling nendang!
    Buat resep dan dibayar!
    How coos is that!

    Btw,
    Resep favorit mba di aplikasi Yummy App, apa dong?

    BalasHapus
  10. Aku dulu juga sering nulis disitu dan disana juga mereka mengapresiasi kerja keras kita dengan dibayar, tapi sayangnya aku mau mengklaim uang itu ke rekeningku tapi hingga detik ini uangku engga masuk ke kereningku
    Entah kenapa di rekeningku engga ada jumlah uang yang aku klaim tapi pihak yummy nya merasa sudah membayarkan uangnya 😭

    BalasHapus